Tiga penyebab utama kecelakaan motor

23 May 2013

Ada banyak hal yang menyebakan kecelakaan motor, Namun kami kumpulkan tiga penyebab utama kecelakaan motor.

Dengan mengetahui penyebab kecelakaan, Sobat FDR diharapkan bisa melindungi diri untuk meminimalkan resiko kecelakaan.

Berikut tiga penyebab utama kecelakaan motor:
1. Tabrakan dengan kendaraan lain
Menurut situs Ridergroups, sebanyak 2/3 kecelakaan motor terjadi karena tabrakan dengan kendaraan lain, terutama dengan mobil.

Kecelakaan ini bisa terjadi karena pengemudi mobil tidak melihat motor yang datang. Untuk menghindari hal ini, usahakan kenakan perlengkapan yang membuat Anda terlihat di Jalan, terutama saat berkendara saat malam hari. Misalnya, mengenakan jaket atau helm berwarna cerah dengan stripping fluorescence.

Hati-hati ketika melewati persimpangan jalan, karena di lokasi inilah yang paling rawan terjadi kecelakaan. Sebuah riset di Amerikan menemukan bahwa 46% kecelakaan motor terjadi di perempatan jalan.

2. Kecelakaan tunggal akibat kesalahan pengendara
Sebanyak 2/3 kecelakaan tunggal terjadi karena kelalaian pengendara motor. Biasanya terjadi di tikungan seperti meluncur atau membelok terlalu lebar.

Lebih lanjut, ditemukan sebanyak 1/4 kecelakaan tunggal terjadi karena pengendara motor menabrak sesuatu di jalan. Semakin cepat laju kendaraan, semakin besar peluang Anda mengalami kecelakaan. Sebagian besar kecelakaan terjadi saat kecepatan di atas 100km/jam.

3. Kerusakan motor
Sekitar 3 persen kecelakaan motor disebabkan ada kerusakaan pada motor. Penyebab utamanya adalah kurangnya perawatan. Pastikan Anda rutin merawat motor. Baca tips merawat motor di sini.

Foto: By love krittaya [CC0], via Wikimedia Commons


Baca juga:
10 kebiasaan buruk saat mengendarai motor