Tips atasi kantuk saat kendarai motor ketika berpuasa

27 April 2017

Mengantuk saat puasa? Wah, jangan sampai Anda mengalami hal ini saat sedang mengendarai motor. Dengan beberapa cara mudah berikut ini, Anda bisa mengatasi rasa kantuk saat kendarai motor saat puasa. Berikut caranya:

1. Ganti nasi putih dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks
Nasi adalah makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Namun, selama puasa ini coba ganti nasi putih yang biasa Anda konsumsi dengan dengan nasi merah. Nasi merah berbeda dengan nasi putih karena termasuk karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat. Selain nasi merah, sumber karbohidrat kompleks lainnya yang bisa Anda coba adalah ubi, jagung, singkong, oatmeal, atau roti gandum.

2. Hindari makanan yang digoreng
Camilan gorengan maupun makanan utama yang pengolahannya dengan cara digoreng sebaiknya dihindari selama puasa, terutama untuk menu sahur. Makanan yang digoreng ini menyebabkan sel darah merah menggumpal. Akibatnya, aliran oksigen berkurang hingga 20% yang menyebabkan rasa kantuk.

3. Cukup minum
Anda mungkin tidak merasa haus ketika berbuka namun, Anda perlu minum untuk mengganti asupan cairan yang hilang selama puasa sehingga Anda tidak mengalami dehidrasi. Efek kurang cairan bisa menurunkan konsentrasi yang Anda butuhkan saat kendarai motor. Hindari juga minum kopi dan minuman berkadar kafein tinggi terutama saat malam hari karena membuat Anda sulit tidur padahal Anda perlu beristirahat.

4. Pastikan cukup istirahat
Aktivitas pekerjaan selama puasa tidak berubah ditambah lagi dengan kegiatan ibadah membuat waktu tidur sering kali berkurang. Pastikan Anda tidur malam mminimal 6 jam. Berhubung selama Anda puasa Anda tidak makan siang, pergunakan waktu istirahat tersebut untuk tidur siang.