ban fdr, fdrtire, ban motor

Pilih ban untuk perjalanan jauh atau mudik

27 April 2017

Hari raya Idul Fitri kurang beberapa  minggu. Tradisi masyarakat Indonesia sebelum hari raya Idul Fitri akan melakukan perjalanan jauh untuk mudik.

Bagi para pemilik motor, pulang ke kampung halaman biasanya memakai motor kesayangan.

Sebelum perjalanan jauh mudik dilakukan dan mumpung masih lama, siapkan kendaraan dari sekarang. Ban sebagai bagian yang langsung bersentuhan dengan aspal dipersiapkan.

Cek kondisi ban motor untuk perjalanan jauh dalam mudik. “Ada beberapa hal yg perlu diperhatikan pada ban untuk perjalanan jauh supaya lancar dan aman,” buka Jimmy Handoyo selaku Technical Service & Development Dept Head PT Suryaraya Rubberindo Industries produsen ban FDR.

Pengecekan ini antara  lain :

1. Pastikan kondisi ban masih layak pakai. Ban yang baik ditandai dengan tidak retak-retak dan masih jauh dari batas TWI (tire wear indicator).

2. Cek tekanan angin secara rutin sesuai standar masing-masing ban. Untuk ban reguler FDR tekanan anginnya di ban depan 29 +/-2 Psi, ban belakang 33 +/-2 Psi.

3. Hindari membawa beban yang terlalu berat. Beban maksimal tiap ban berbeda berdasarkan jenis motor dan peruntukannya.

Bila ban motor sudah tidak layak pakai, ganti baru. Supaya perjalanan jauh dan mudik aman.

Sangat beresiko jika tetap mempertahankan ban yang tidak layak pakai untuk perjalanan jauh. Beli ban baru dan ganti ban lama yang tidak layak pakai demi safety riding selama perjalanan jauh atau mudik.

Ketika membeli ban baru juga jangan sembarangan. “Ukuran ban sesuaikan dengan standar motornya. Masih rekomendasi untuk naik atau turun 1 tingkat,” kata Jimmy.

Perhatikan juga kembangan ban. “Pilih ban dengan pattern yang reguler atau harian. Patter yang  cocok untuk dipakai jalan kering dan basah. Hindari pemakaian pattern minimalis, seperti ban racing khusus jalan kering,” ujar Jimmy.

Terakhir jangan sampai tergoda untuk membeli ban dengan harga murah. “Pastikan lot produksinya masih baru,untuk menjamin bahwa ban tersebut masih layak pakai,” terang Jimmy.

Ban motor baik, siap dipakai perjalanan jauh untuk mudik.