Perlengkapan wajib pengendara motor saat hujan

19 November 2012

Hujan yang turun berkepanjangan membuat Anda tidak ada pilihan lain selain mengendarai motor di tengah hujan. Agar perjalanan tetap aman dan nyaman, ada empat perlengkapan yang wajib dikenakan pengendara motor saat hujan.

  1. Helm full face. Helm ini tidak hanya melindungi kepala Anda saat kecelakaan dan air saat hujan, tapi melindungi Anda dari angin dan membuat wajah dan kepala tetap kering.
  2. Jas hujan. Baik itu yang one-piece berupa ponco atau yang two-piece, terdiri dari jaket dan celana tahan air, pilih jas hujan dengan kerah tinggi untuk mencegah air mengalir masuk. Pilih juga dengan stripe fluorescent sehingga Anda terlihat oleh pengendara lain saat hujan. Selain selalu sedia jas hujan, sebaiknya jaket yang Anda kenakan sehari-hari juga tahan air sehingga bisa melindungi Anda saat hujan rintik-rintik.
  3. Sarung tangan. Pilih dari ban yang tahan air, baik sarung tangan yang Anda gunakan setiap hari atau memang Anda sediakan khusus untuk digunakan saat hujan. Tangan yang kering menjaga kontrol kendali motor tetap terjaga, apalagi Anda harus lebih waspada ketika mengendarai motor saat hujan. Tangan yang dingin, basah dan kebas tidak akan merespon dengan cepat jika Anda harus mengerem mendadak. Kenakan Sarung tangan di bawah lengan jaket untuk menjaga air tidak menetes masuk ke dalam sarung tangan.
  4. Sepatu boots. Pakai boots tahan air jaga kaki tetap kering saat berkendara dlm hujan. Pilih sepatu yang khusus pengendara motor sehingga memudahkan Anda saat pindah gigi. Sebaiknya pilih sepatu boots yang terbuat dari karet karena lebih awet.