Hati-hati modifikasi motor

27 March 2014

Hati-hati modifikasi motor Anda. Tampilan motor mungkin lebih keren tapi kurang aman untuk Anda dan pengendara lain jika motor tersebut Anda gunakan sehari-hari. Perhatikan 6 komponen berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk melakukan modifikasi.

Spion
Jangan pakai
spion berukuran mungil.
Hal ini yang membuat Anda tidak bisa melihat keadaan di belakang dengan baik. Ada alasan mengapa motor memiliki spion ukuran standar tersebut, agar cakupan refleksi cukup luas. Masih banyak kok variasi spion dengan ukuran cermin yang cukup luas dengan model yang tidak kalah keren.

Mika lampu stop dan lampu sein belakang
Jangan pakai
mika lampu stop warna bening dan lampu sein belakang warna merah atau bening.
waduh... jika Sobat melakukan hal ini bisa membahayakan pengendara di belakang Anda. Jika lampu sein sama-sama warna merah, pengendara di belakang Anda tidak tahu apakah Anda memelankan laju motor atau mau belok. Apalagi jika Anda menggantinya lampu-lampu belakang dengan mika bening. Saat lampu menyala sangat menyilaukan mata dan mengganggu pengendara yang ada di belakang. Anda kan berbagi jalan dengan pengendara lain, buatlah mereka juga merasa nyaman berkendara.

Grip setang
Jangan pakai
grip setang dari bahan logam
Saat berkendara dalam kondisi hujan setang dari logam jadi licin dan genggaman pun berkurang. Begitu pula jika tangan Anda berkeringat dan Anda tidak menggunakan sarung tangan, cengkraman tangan pun bisa meleset.

Pijakan kaki (footrest)
Jangan pakai
pijakan kaki dari bahan logam
Sama seperti grip setang, saat kondisi hujan akan licin. Apalagi jika sol sepatu Anda memiliki permukaan yang licin juga, sangat berbahaya jika pijakan kaki Anda meleset saat sedang bermanufer. Pijakan kaki untuk pembonceng juga sebaiknya juga tidak diganti, karena jika jika dia terpeleset bisa mengganggu keseimbangan Anda.

Tuas kopling atau rem
Jangan pakai
tuas kopling atau rem yang tidak ergonomis.
Bentuk tuas kopling atau rem sudah dirancang menyesuaikan dengan jari-jari tangan. Jika tidak, efeknya tangan jadi cepat lelah dan daya cengkram jemari pun melemah.

Jok
Jangan pakai
jok yang permukaannya licin atau tipis.
Melapisi permukaan jok dengan material yang licin bisa membuat posisi duduk jadi tidak stabil. Begitu juga dengan jok yang tipis dan keras bisa membuat Anda cepat lelah.