4 hal yang menyebabkan ban cepat gundul

13 February 2014

Seiring dengan pemakaian ban akan gundul. Namun, tak jarang Anda merasa ban cepat sekali aus dan jadi gundul. Kenapa ya?

Berikut 4 hal yang menyebabkan ban cepat gundul:

Tekanan angin kurang
Jika tekanan angin kurang, permukaan tapak ban yang bersentuhan dengan aspal lebih besar. Akibatnya, gesekan antara ban dan permukaan aspal jadi lebih besar dan ban jadi cepat aus.

Kelebihan beban
Di dinding ban tertulis beban maksimum yang bisa ditanggung oleh ban. Gesekan antara ban dan permukaan aspal akan lebih besar jika motor melebihi beban maksimum tersebut. Jika Anda sering membawa beban berat sebaiknya sejak awal pilih ban dengan load index yang lebih besar.

Gaya mengemudi ugal-ugalan
Gaya mengemudi yang suka gas-rem-gas-rem secara ekstrim jadi salah satu penyebab ban cepat gundul. Akselerasi dan pengereman mendadak membuat ban bergesekan dengan keras dengan permukaan jalan.

Jenis kompon ban
Ban harian biasanya menggunakan kompon reguler yang lebih keras dibanding ban balap yang menggunakan kompon lunak. Walaupun begitu, tak sedikit pengendara motor yang memilih ban balap untuk digunakan sehari-hari. Tentu saja ban ini akan lebih cepat aus dibanding ban harian namun, grip-nya lebih baik.

Setelah mengetahui apa saja penyebab ban gundul, Anda jadi bisa melakukan tindakan awal untuk mencegah ban cepat gundul.