5 bagian yang rusak jika motor sering menghajar lubang jalan

30 January 2014

Hujan yang terus-menerus turun menyebabkan jalanan rusak dan banyak lubang-lubang. Selain berbahaya, lubang-lubang ini juga bisa merusak kaki-kaki motor.  

Lima bagian motor berikut ini paling rentan alami kerusakan akibat melewati jalanan berlubang:

1. Ban. Kerusakan yang biasanya timbul biasanya ban benjol. Apalagi jika Anda menerjang lubang dalam kecepatan tinggi, semakin besar peluang ban benjol. Hal ini terjadi akibat nylon cord yang jadi kerangka ban putus akibat kerasnya hantaman. Anda perlu segera ganti jika ban benjol karena berisko ban pecah!

2. Pelek. Kerusakan yang biasanya terjadi adalah pelek retak, penyok atau bengkok. Jika Anda menggunakan pelek jari-jari perlu setel ulang jeruji yang bengkok. Sementara untuk pelek palang bisa diperbaiki dengan di-press. Namun, jika pelek retak sebaiknya segera diganti.

3. Laher. Benturan bisa sebabkan laher oblak. Tanda-tandanya ban terasa oleng. Jika Anda alami kerusakan di bagian ini sebaiknya segera ganti laher roda motor Anda.

4. Komstir. Tanda-tanda kerusakan pada komponen ini adalah Anda akan merasakan setang oblak terutama saat rem depan. Untuk solusi sementara Anda bisa Anda stel ulang lagi komstir motor Anda, tapi lebih baik  jika komponen ini diganti untuk hindari masalah ini muncul kembali.

5. Sokbreker. Keseringan melibas lubang di jalan membuat sokbreker kehilangan daya redamnya. Hal ini membuat perjalanan Anda jadi tidak nyaman. Service sokbreker motor Anda atau ganti jika sudah dirasa tidak nyaman.