Mau beli ban? Lihat dulu tokonya

27 December 2012

Sering kali ketika akan membeli ban, kita sudah sibuk menentukan ban apa yang akan dipilih. Mulai dari model kembangan, ukuran, jenis hingga membanding-bandingkan harganya. Namun, saat mau membeli ban Anda juga harus memperhatikan toko tempat Anda membeli ban tersebut.

Ban yang tidak disimpan dengan baik akan mempengaruhi kualitas dan performa ban tersebut. Agar Anda tidak kecewa dengan ban pilihan Anda, lihat bagaimana toko tersebut menyimpan ban:

  1. Ban disusun di rak secara horizontal. Cara penyimpanan seperti ini menjaga karet dan rajutan besi ban tidak berubah.
  2. Jika Anda lihat ditumpuk secara vertikal, pastikan tumpukan tidak boleh terlalu tinggi karena ban bisa berubah dan saat dipasang ban jadi tidak center.
  3. Ban yang ditumpuk juga tidak boleh menempel dengan permukaan lantai yang dingin untuk menjaga temperatur ban tidak terlalu dingin.
  4. Pastikan tersimpan di tempat yang teduh. Jika terpapar sinar matahari terus-menerus ban jadi keras akibatnya, ban bisa jadi licin karena traksi minim.

Untuk ban dalam atau tube juga ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Cara menyimpan ban dalam berbeda dengan ban luar. Bagaimana caranya?

  1. Ban tersimpan dalam boks yang tinggi susunan boks tidak lebih dari 50 cm.
  2. Ban dalam tersimpan dalam tempat yang bersih, kering dan pemukaan yang rata.
  3. Ban dalam harus tersimpan dalam keadaan sedikit terisi angin.
  4. Jika Anda buka kemasannya permukaannya ditaburi dengan bubuk talcum atau bedak.