Tiga bagian tubuh yang sering sakit saat mengendarai motor

06 January 2014

Apakah Anda mengeluhkan sakit atau nyeri otot setelah naik motor? Ternyata ada 3 keluhan sakit otot yang umum dialami oleh pengendara motor.

Sakit leher
Beban tambahan dari helm ditambah dorongan angin dan gerakan hentakan saat mengendarai motor menyebabkan kelelahan pada otot leher.

Sakit di lengan, tangan, dan pergelangan tangan
Sakit di area ini lebih banyak dialami oleh pengendara motor sport dikarenakan posisi tubuh condong ke depan.

Sakit di pinggul
Sakit di area ini dialami jika Anda melewati jalanan rusak,  banyak lubang atau polisi tidur. Pengendara motor sport juga sering keluhaan sakit di area ini karena posisi duduk yang menjepit tangki bahan bakar.

Mengendarai motor butuh kekuatan dan kebugaran fisik. Untuk mengurangi keluhan ini Anda perlu menguatkan inti (core) tubuh sehingga sehingga Anda bisa mengurangi tekanan dari lengan. Latihan inti (core) ini seperti latihan penguatan untuk otot yang mendukung tulang belakang, otot perut, dan pinggul. Latihan yang bagus untuk inti tubuh, yaitu yoga atau pilates.

Anda juga perlu selalu ingat untuk selalu rileks saat mengendarai motor. Jika Anda rasa otot sudah tegang, coba untuk rileks, bernapaslah dengan tenang dan pelan. Lakukan peregangan ringan untuk melemaskan otot-otot tubuh, seperti regangkan kaki dan tangan, putar kepala ke kanan-kiri, atau naik-turunkan pundak.