Macam-macam kaca spion motor

03 January 2014

Spion adalah salah satu bagian motor yang bisa Anda ganti agar motor tampil beda. Ada banyak jenis spion motor. Namun sebelum Anda tentukan pilihan, ada baiknya cari tahu dulu kelebihan dan kekurangannya.

Spion cermin cembung
Cermin ini adalah cermin yang biasanya digunakan di spion karena memberikan tampilan belakang yang lebih luas. Namun, perlu Anda ingat objek yang ada di belakang akan tampak lebih kecil shingga sepertinya lebih jauh daripada yang sebenarnya.

Spion cermin datar
Banyak juga pengendara motor yang melakukan modifikasi dengan mengganti cermin di spion motor dengan cermin datar. Memang cermin datar memberikan refleksi lebih realistis antara jarak motor dan objek di belakangnya namun, luas tampilan belakang jadi lebih sempit sehingga area blind spot jadi lebih banyak.

Spion pig spotter
Penggunaan spion ini cukup populer di motor-motor sport yang sudah dimodifikasi. Dilengkapi dengan lampu LED, spion pig spotter bisa memberikan sinyal tambahan saat mau belok. Spion ini juga bisa tampak lebih menarik dengan desain airbrushed warna-warni. Meski menggunakan cermin cembung, ukuran spion yang cenderung kecil ini memberikan tampilan belakang yang kurang luas.

Spion polarized-mirror
Spion ini menggunakan cermin polarized yang bisa mengurangi efek pantulan sinar matahari yang menyilaukan.

Spion di helm
Inovasi spion di helm bukanlah hal baru, sudah ada sejak 2010 tapi penggunaannya memang masih belum populer. Helm ini dilengkapi dengan kaca prisma yang memantulkan refleksi situasi di belakang pengendara motor. Jadi, fungsinya mirip seperti spion tengah pada mobil.