5 inovasi aneh untuk sepeda motor

02 January 2014

Inovasi dan penemuan baru untuk sepeda motor akan terus bermunculan. Sayangnya tidak semua inovasi dan penemuan baru itu bermanfaat. Ada juga penemuan yang aneh, tidak bermanfaat atau bahkan justru memberikan efek negatif yang lebih besar. Berikut 5 inovasi aneh untuk sepeda motor:

1. Sabuk pengaman

Saat pabrikan BMW mengeluarkan motor C1 dengan sabuk pengaman, diharapkan inovasi bisa membebaskan pengendara motor dari keharusan menggunakan helm. Kenyataannya, pemerintah di Inggris tetap mewajibkan pengendara motor ini untuk memakai helm.

2. Baju pelindung


Ketika memakai jaket dirasa kurang memberikan perlindungan, penemu dari Kanada menciptakan baju safety sphere. Konsep safety sphere ini seperti air bag di mobil yang menggeluarkan bantalan pelindung ketika tabrakan. Bedanya saat terjadi kecelakaan dan pengendara terlontar dari motor, safety sphere ini akan memicu mekanisme dimana bantalan air bag terbentuk disekeliling sehingga si pengendara menjadi sebuah bola besar. Masalah selanjutnya adalah si pengendara motor tidak punya mengendalikan arah lajunya. Dia bisa menggelinding ke arah lalu lintas yang ramai.

3. Alarm tabrakan

Pada 2011, Komisi Eropa mengusulkan alarm tabrakan. Pemindai laser ini akan memberikan peringatan pada pengendara motor lewat bunyi atau getaran tanda ada bahaya bahwa akan terjadi tabrakan. Sepertinya penemu alat ini lupa bahwa pengendara motor dilengkapi mata yang terhubung langsung dengan otak yang bisa langsung menangkap potensi bahaya dan merespon dalam waktu singkat.

4. Alat pengontrol kecepatan

Departemen Transportasi di Inggris meluncurkan motor Suzuki Bandit pada 2006 yang dilengkapi dengan alat pengontrol kecepatan. Alat ini akan secara otomatis menutup throttle jika batas kecepatan dilanggar. Penemuan radikal ini bukannya melindungi justru membahayakan pengendara motor.

5. Pelindung kaki

Saat kecelakaan terjadi tampaknya pelindung kaki ini tidak ada gunanya. Justru bisa membahayakan jika patah atau terlepas.  

Sumber: motorcyclenews.com