Tips memilih pentil ban tubeless

26 November 2013

Bagi Anda yang menggunakan ban tubeless, pentil adalah bagian yang penting. Salah pilih pentil atau valve bisa-bisa ban jadi mudah kempis. Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih pentil ban tubeless?

Pertama, pilih pentil ban yang memiliki dua karet. Seal karet yang membungkus besi/alumunium pentil ini yang memastikan ban kedap udara. Dua karet tersebut dibutuhkan untuk menahan bagian luar pelek dan menahan angin dari dalam ban. Pentil yang hanya memiliki satu seal karet di bagian atas cenderung lebih mudah bocor karena kurang kedap.

Kedua, pilih pentil yang punya dua baut untuk memastikan pentil tidak longgar yang menyebabkan ban kempis. Baut kedua ini berguna untuk mengunci baut pertama agar tidak bergerak.

Variasi bentuk
Jika dilihat di pasaran ada bermacam jenis pentil tubeless. Secara garis besar terbagi menjadi dua jenis, ada yang lurus seperti huruf "I" dan ada juga yang sedikit melengkung seperti huruf "L".

Anda bebas memilih tipe pentil tubeless tersebut selama memenuhi dua kriteria yang sudah disebutkan di atas. Namun, biasanya pelek yang seperti huruf "L" lebih disarankan untuk ban-ban dengan pelek kecil untuk memudahkan proses pengisian angin.