Tanya-jawab seputar pengisian ban motor dengan nitrogen

03 October 2013

Apakah nitrogen aman?
Nitrogen adalah gas yang tidak mudah terbakar, tidak seperti oksigen. Oleh karena itu, nitrogen sebenarnya jauh lebih aman daripada udara terkompresi untuk hampir semua aplikasi ban. Itulah salah satu alasan mengapa gas nitrogen digunakan di ban pesawat komersial dan tim balap profesional di seluruh dunia.

Berapa banyak nitrogen yang harus saya dimasukkan ke dalam ban saya?
Ikuti tekanan angin yang dianjurkan oleh pabrikan ban tersebut. Tidak ada perbedaan besar tekanan angin baik diisi dengan udara atau nitrogen.

Bagaimana jika ban bocor?
Dalam keadaan darurat dan tidak menemukan tempat pengisian nitrogen maka tidak masalah diisi dengan udara. Memang disarankan jika sudah diisi dengan nitrogen maka saat ban kempis diisi ulang lagi dengan nitrogen. Jika ban diisi dengan nitrogen yang tercampur udara terkompresi segera kuras angin ban, lalu isi ulang lagi dengan yang murni nitrogen.

Apakah saya masih perlu untuk memeriksa tekanan angin ban?
Ya! Meski ban yang diisi nitrogen lebih lambat untuk kehilangan angin, Anda tetap harus rutin memeriksa tekanan angin ban. Anda pun sebenarnya juga harus rutin memeriksa kondisi ban untuk melihat apakah ada retak, benjolan atau kerusakan lainnya pada ban.