Tips memilih cairan pembersih ban motor

08 January 2013

Hujan lagi motor kotor lagi. Yuk, bersih-bersih. Tapi sebelum membersihkan ban, pastikan Anda memilih cairan pembersih yang tepat.

Ada banyak merek cairan pembersih ban yang dijual di pasaran. Sayangnya tidak sedikit pembersih ban yang mengandung asam yang cukup keras, alkali atau deterjen. Bahan-bahan ini bisa merusak ban sekaligus cat motor Anda.

Sebelum membeli cairan pembersih ban, baca dulu dengan seksama materi kandungan cairan pembersih tersebut. Pastikan Anda gunakan pembersih yg tidak berbahan dasar minyak karena bisa merusak ban.

Belilah cairan pembersih yang bermerek untuk menjamin kualitas produk. Jangan asal beli, terlebih lagi tergiur harga yang murah, karena bisa saja cairan tersebut justru mengandung bahan kimia yang bisa merusak kompon ban. Akibatnya, tidak hanya merusak tampilan ban, tapi juga merusak kompon ban tersebut.

Semir ban

Selain ban yang lebih bersih, Anda tentu menginginkan ban motor yang tampak hitam mengkilap. Untuk membuat tampilan ban tetap cemerlang Anda bisa gunakan semir ban.

Semir ban ini juga bermacam-macam jenisnya namun, sebaiknya Anda pilih semir ban yang terbuat dari wax karena bisa menjaga ban tetap elastis. Hindari semir ban yang terbuat dari bahan silikon karena bisa membuat ban jadi getas dan menyebabkan ban retak-retak.

Oleskan semir ban hanya di dinding ban (side wall) saja. Jangan mengoleskan semir ban hingga tapak ban karena bisa membuat ban jadi licin saat digunakan.

Sobat FDR... selamat bersih-bersih!