Tips lawan kelelahan saat touring

09 September 2013

Perjalanan jauh atau touring menuntut stamina Anda untuk tetap fit. Berikut tips lawan kelelahan saat touring.

Istirahat
Sebelum mulai perjalanan, usahakan untuk cukup istirahat. Menurut para ahli, setiap orang punya "waktu merasa lelah" setiap siklus 12 jam, biasanya antara pukul 03.00-05.00. Usahakan perjalanan tidak dilakukan pada jam-jam tersebut.

Persiapan fisik
Kecuali Anda mengendarai motor setiap hari atau setidaknya tiga jam setiap minggunya, Anda perlu beradaptasi dengan motor yang Anda kendarai. Jika terbiasa mengendarai motor, Anda paham otot tubuh bagian mana saja yang perlu dilatih agar kuat menghadapi perjalanan jauh.

Pandangan jelas
Mengenakan helm yang tidak membuat Anda mendapat pandangan yang jelas bisa membuat Anda mengalami disorientasi, lelah, atau bahkan sakit kepala. Jika visor helm yang biasa Anda gunakan sering sebabkan masalah tersebut sebaiknya ganti sebelum Anda mulai perjalanan.

Terapkan kebiasaan baik
Kebiasaan sering minum air baik untuk pengendara motor karena Anda lebih cepat alami dehadrasi saat naik motor. Tapi jangan lupakan juga kebiasaan makan tepat waktu dengan nutrisi yang seimbang.

Mempersiapkan diri untuk melawan kelelahan saat berkendara tidak hanya menjamin keselamatan diri, tapi juga membuat Anda tetap waspada, segar dan bisa menikmati perjalanan.
 

Baca juga:
Isyarat tangan saat touring