8 hal yang harus dicek saat beli motor bekas

26 July 2013

Membeli motor bekas adalah pilihan yang cocok untuk Anda dengan dana yang minim. karena bukan barang baru, Anda harus lebih teliti lagi memeriksa bagian-bagian motor tersebut.

Dirangkum dari situs berita Detik ada 8 hal di motor bekas yang harus Anda cek terlebih dahulu sebelum Anda putuskan untuk membelinya:

1. Nomor rangka dan mesin motor
Lihat apakah nomor rangka dan nomor mesin sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB. Perhatikan juga apakah nomor tersebut terlihat asli bukan hasil ketokan. Motor hasil pencurian biasanya ada perubahan di nomor mesin dan rangka.

2. Body motor
Lihat tampilan keseluruhan body motor, termasuk spion hingga baut-baut. Cek apakah ada bagian yang retak atau pecah.

3. Mesin
Coba hidupkan motor, lihat apakah langsung menyala dengan baik atau tidak. Dengarkan juga bunyi mesinnya, apakah halus atau tidak.

4. Oli
Setelah Anda cek bunyi mesin motor hal selanjutnya Anda cek adalah berapa banyak oli yang ada di dalam mesin. Jumlah oli berlebihan biasanya digunakan untuk menyembunyikan suara mesin motor yang kasar. Cek juga apakah ada kebocoran oli saat Anda uji coba motor tersebut.

5. Speedometer
Cek sudah berapa jarak tempuh motor tersebut karena jika sudah lebih dari 20.000 km ada banyak komponen mesin yang harus diganti. Lihat juga apakah ada tanda-tanda usaha merekayasa jarak tempuh motor tersebut.

6. Kelistrikan
Cek segala sesuatu yang berkaitan dengan kelistrikan seperti lampu depan, lampu sein, lampu rem, lampu speedometer, starter mesin. Cek apakah semuanya berfungsi atau tidak. Jika fungsi kelistrikan berjalan lancarberarti tidak ada masalah dengan aki motor.

7. Roda
Lihat kondisi ban apakah sudah aus atau belum, begitu juga dengan peleknya apakah tidak ada penyok atau jari-jarinya ada yang hilang. Cek juga apakah roda depan dengan roda belakang lurus yang berarti tidak ada masalah di chasis dan rangka motor.

8. Gigi
Jika Anda membeli motor bebek periksa perpindahan giginya, apakah sulit atau mudah. Jika sulit berarti kampas kopling perlu diganti.