Pentingnya pakai helm yang pas

23 July 2013

Apakah Anda termasuk yang sering meminjam helm? Ternyata menggunakan helm yang ukuran yang kebesaran atau kekecilan  tidak memberikan perlindungan dan bahkan bisa membahayakan pemakainya.

Dalam hal keamanan, memakai ukuran yang pas adalah hal yang penting. Coba bayangkan jika mengalami kecelakaan dan Anda memakai helm yang kebesaran? Helm tersebut bisa lepas begitu Anda alami benturan. Sebaliknya memakai helm yang kekecilan juga sama berbahayanya karena bisa meremukkan kepala jika alami kecelakaan.

Untuk menghindari hal tersebut penting untuk mencoba terlebih dahulu sebelum membeli karena bentuk dan ukuran helm bervariasi. Pastikan juga helm tersebut berlogo SNI.

Sebelumnya, Anda juga harus tahu ukuran kepala. Ukur kepala Anda menggunakan pita pengukur. Lingkarkan pita pengukur sekitar 2cm dari alis dan di atas telinga. Ambil beberapa ukuran untuk pastikan Anda mendapat kisaran ukuran yang tepat. Lalu cobab beberapa ukuran helm untuk menemukan yang tepat.

Pilih helm yang ketika digunakan bagian bantalan pipi helm  tersebut menyentuh pipi Anda dan tidak ada ruang diantaranya. Kencangkan tapi pengikat helm dan tarik helm ke kanan-kiri. Jika pipi Anda bergerak mengikuti arah tarikan helm berarti sudah pas.

Selain itu, bBagian depan helm juga tidak menyentuh mulut atau hidung Anda. Jika Anda menggunakan kacamata, pastikan kacamata tersebut muat ketika visor helm diturunkan.

Coba pakai beberapa menit untuk merasakan apakah Anda cukup nyaman dengan helm tersebut. Mungkin Anda merasa helm tersebut terlalu ketat ketika Anda mencobanya di toko. Namun, saat Anda gunakan saat mengendarai motor Anda bisa rasakan aliran angin terbelah dengan baik sehingga Anda bisa konsentrasi mengendarai motor.

Memakai perlengkapan yang ukurannya pas juga yang sama berlaku untuk perlengkapan lainnya, seperti sarung tangan, sepatu dan jaket. Mulai sekarang jangan asal beli lagi ya Sobat FDR...

Foto: wikihow.com