7 Hal yang bantu motor tetap irit BBM

17 July 2013

Mau motor irit bahan bahar minyak? Ternyata tidak sulit kok. Anda hanya perlu menaruh perhatian pada 7 komponen berikut ini agar kerja mesin tidak berat.

1. Ban. Cek tekanan angin ban. Sering membiarkan ban dalam keadaan tekanan angin kurang menyebabkan putaran roda jadi berat. Hal ini menambah beban kerja mesin yang berujung pada konsumsi BBM yang lebih boros.

2. Kampas kopling. Cek apakah kampas kopling sudah tipis karena jadi mudah selip. Hal ini bisa sebabkan motor tidak ada tarikan padahal putaran mesin sudah tinggi. Sedangkan pada motor matic, kampas kopling yang kotor bisa timbulkan panas berlebih yang menyebabkan kerja mesin berat.

3. Busi. Cek kerenggangan busi karena pengaruhi percikan api di ruang bakar. Jika jaraknya terlalu rapat, api yang dihasilkan kecil dan jika terlalu renggang, api jadi tipis sehingga pembakaran tidak sempurna. Ganti busi setelah digunakan sekitar 4000 km.

4. Filter. Cek filter udara, apakah sudah kotor atau belum. Filter udara yang kotor sebabkan suplai udara terhambar sehingga pembakaran tidak sempurna.  

5. Rem. Cek kondisi rem. Jika motor Anda menggunakan rem tromol, cek penyetelan dan kebersihannya. Jika penyetelan salah atau tromol kotor akan menghambat putaran roda. Sebaliknya jika motor Anda menggunakn rem cakram, cek apakah kondisinya masih bagus atau tidak.  

6. Karburator. Cek kebersihan karburator karena kotoran bisa menyumbat saluran-saluran yang ada di dalamnya.

7. Oli. Tanda-tanda Anda harus ganti oli mesin kepanasan akibat banyak gesekan di dalam mesin. Ganti oli secara rutin, sebaiknya ketika jarak tempuh tidak lebih 2.500 km. Pili oli yang sesuai dengan mesin motor Anda.