7 tips untuk hemat BBM

22 April 2013

Harga bahan bakar minyak akan naik terus. Sobat FDR harus cerdik untuk berhemat BBM. Berikut 7 tips mudah untuk hemat BBM.

1. Jangan terlalu lama memanaskan mesin motor
Jika Anda yakin motor tidak akan mati jika tidak panaskan terlebih daulu, Anda bisa memanaskan mesin sambil menjalankan motor. Namun, Anda jangan langsung memacu motor, kendarai dengan perlahan memberikan waktu untuk mesin mencapai suhu operasi lebih cepat yang akan tingkatkan efisiensi pembakaran. Saat ini motor-motor fuel-injection sudah bisa dijalankan tanpa perlu dipanaskan.

2. Jaga tekanan angin ban
Menjaga tekanan angin tidak hanya membuat ban awet dan kendali motor yang lebih baik, tapi juga membantu Anda hemat BBM. Jika tekanan angin kurang bisa membuat kerja mesin jadi berat sehingga boros BBM. Cek tekanan angin ban Anda setidaknya seminggu sekali.

3. Rawat mesin
Motor Anda akan berjalan optimal jika mesinnya terawat. Perawatan mendasar saja sudah memberikan perbedaan besar  Cek mesin motor Anda, jaga agar setiap komponennya tidak mengalami kerusakan atau ada yang mengganggu fungsinya, seperti mengecek apakah penyaring udaranya dan penyaring BBM-nya bersih. Pilih oli atau pelumas yang bisa mengurangi gesekan.

4. Kendarai motor dengan stabil
Jika Anda bisa menjaga kecepatan yang konstan, tarikan gas halus dan jarang melakukan pengereman mendadak, Anda bisa menghemat BBM. Selain itu, Anda jadi lebih bisa menikmati perjalanan Anda.
Mengurangi kecepatan juga bisa menghemat penggunaan BBM.

5. Kurangi beban
Semakin berat beban yang ditanggung motor Anda, semakin keras mesin bekerja yang berarti konsumsi BBM akan semakin banyak. Jika motor Anda ada bagasi atau Anda memasang bagasi tambah, coba lihat apakah isinya benar-benar barang yang Anda butuhkan? Seringkali kita menyimpan sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Bersihkan  bagasi dari barang-barang yang tidak diperlukan. Jika Anda menggunakan bagasi coba pertimbangkan lagi kebutuhan Anda. Jika hanya berguna saat momen tertentu saja, seperti saat Anda touring mengapa tidak dilepas saja. Hal ini bisa langsung mengurangi beban yang ditanggung motor Anda.

6. Aerodinamik
Bentuk motor yang aerodinamik membuat mesin tidak perlu bekerja keras. Tambahan bagasi yang ada di kanan dan kiri bisa mengurangi bentuk aerodinamik motor karena tidak bisa membelah angin dengan mudah.

7. Hindari jalan rusak
Lewat jalan rusak, berbatu-batu tidak hanya membuat perjalan jadi tidak nyaman tapi akan lebih boros bensin dibandingkan mengendarai motor di aspal mulus.


Foto: sxc.hu