Kesalahan yang sering dilakukan pengendara motor baru

11 April 2013

Sebagai pengendara motor yang masih baru, tak jarang Anda melakukan kesalahan. Apa sajakah kesalahan yang sering dilakukan?

1. Hilang fokus
Tidak seperti mengendarai mobil, Anda tidak bisa melamun dan pikiran mengembara kemana-mana. Pikiran harus fokus dan Anda harus konsentrasi saat berkendara. Itu sebabnya, Anda tidak boleh mengendarai motor sambil menelepon atau ngobrol dengan orang yang Anda boncengi karena bisa memecah konsentrasi Anda.

2. Tidak memakai perlengkapan yang lengkap
"Ah.. hanya jarak dekat saja," sering jadi alasan para pengendara motor tidak mengenakan helm, memakai sepatu tertutup, atau jaket. Padahal perlengkapan tersebut yang melindungi Anda dan bahaya akan selalu mengintai kapan saja. Tak jarang cedera parah dialami pengendara motor yang menempuh jarak dekat karena tidak memakai perlengkapan, terutama helm.

3. Tidak cek kondisi motor
Pastikan Anda luangkan waktu untuk mengecek kondisi motor. Cek secara visual apakah ada kerusakan di ban, cek tekanan ban, rantai, dan bahan bakar. Pastikan tidak ada yang bermasalah. Hanya butuh waktu 2 menit saja untuk menghindari musibah.

4. Menganggap lebih kemampuan berkendaranya
Pengendara baru  bisanya belum paham seberapa jauh kemampuannya mengendarai motor. Akibatnya, Anda bisa mengalami kecelakaan. Jika Anda pengendara baru atau Anda sudah lama tidak mengendarai motor usahakan untuk mengendari motor dengan hati-hati.

5. Tidak menghiraukan jarak aman
Selalu beri jarak antara AndaSaat siang hari pertahankan jarak aman 2-4 detik dari kendaraan yang ada di depan Anda. Sedangkan untuk malam hari saat suasana lebih gelap Anda harus memberikan jaga jarak aman yang lebih jauh lagi, yaitu sekitar 4-8 detik. Meskipun jalanan cukup padat, usahakan ada punya ruang untuk bermanuver