Penyebab roda motor goyang

09 April 2013

Roda yang tidak stabil dan bergoyang ketika dikendarai sangat membahayakan si pengendara motor. Anda perlu tahu beberapa hal yang menyebabkan roda motor goyang untuk bisa menghindari masalah tersebut.

Selain berbahaya bagi pengendara motor, roda yang goyang saat dikendarai bisa mengindikasikan ada masalah di ban, suspensi atau kendali motor yang berujung pada kecelakaan. Berikut, penyebab ban goyang:

1. Kerusakan pada ban
Tekanan ban yang kurang sebaliknya berlebihan bisa secara perlahan bisa merusak ban. Tekanan di sidewall ban menyebabkan tire cord (lapisan yang berfungsi sebagai "tulang" ban) jadi retak. Salah satu tanda tire cord retak adalah munculnya benjolan di ban. Hal inilah yang jadi salah satu penyebab ban jadi bergoyang ketika motor dikendarai.  
2. Keseimbangan
Ban harus diseimbangkan agar bisa digunakan dengan aman. Ban yang tidak seimbang bisa jadi memantul yang dirasakan seperti ban bergoyang. Anda bisa merasakan di setang motor Anda.
3. Kesejajaran
Ban belakang harus sejajar dengan ban depan. Luruskan setang motor dan lihat apakah antara ban depan dan ban belakang sudah membentuk garis lurus. Anda perlu perhatikan ban belakang yang sering tidak sejajar. Ini bisa terjadi saat pemasangan rantai, jika tidak diperhatikan bisa membuat ban belakang miring. Efeknya, ban akan terasa goyang.      
4. Rim penyok
Rim yang penyok bisa menyebabkan ban lompat jika bagian yang rusak tersebut dekat dengan bagian yang kontak dengan permukaan jalan.
5. Rotor rem
Bagian rotor rem terbuat dari logam yang bisa melengkung, apalagi jika terpapar oleh suhu ekstrim panas atau dingin. Proses tersebut bisa menyebabkan logam tersebut bisa bergelombang yang efeknya roda motor jadi goyang.

Setelah mengenali penyebabnya, Anda kini bisa menghindari roda bergoyang.