Tips memilih jaket motor

28 March 2013

Jaket yang dipakai adalah lapisan yang melindungi tubuh si pengendara motor. Untuk itulah, Anda tidak boleh sembarang memilih jaket. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih jaket motor. Ini tipsnya:

Materi
Jaket dari bahan kulit adalah pilihan yang utama. Memang, karena kulit punya kualitas tahan terhadap abrasi, sobek dan mampu melindungi pengendara motor jika terjatuh.

Namun selain jaket kulit, kini sudah banyak jaket dengan alternatif material bahan yang memiliki perlindungan yang sama bagusnya dengan kulit untuk menghadapi abrasi termasuk perubahan cuaca.

Model dan Ukuran
Jaket tersebut harus pas tapi nyaman digunakan dalam posisi mengendarai motor. Jika terlalu ketat tentu Anda jadi tidak nyaman dan sebaliknya jika terlalu longgar jaket jadi tidak cukup melindungi tubuh jika terjadi kecelakaan.

Jaket yang longgar biasanya akan mengembang dan melambai-lambai saat Anda gunakan dimana bisa mengganggu konsentrasi. Hindari juga jaket yang terlalu pendek yang mengekspose area pinggul sehingga Anda kurang terlindungi.

Jahitan
Perhatikan jahitan jaket tersebut. Jahitan harus teratur, lurus tanpa ada jahitan yang terputus. Untuk area yang melindungi bagian-bagian penting, jahitan sebaiknya terdiri dari dua atau tiga baris untuk menjaga jaket tidak terkoyak.

Untuk bagian ritsleting, pastikan ada lapisan yang menutupi kedua sisi untuk mencegah kontak langsung dengan tubuh atau permukaan jalan jika terjadi kecelakaan.

Bagian pergelangan
Pastikan bagian pergelangan jaket memiliki tali pengikat yang bisa disesuaikan, biasanya terbuat dari velcro. Hal ini berguna untuk menjaga bagian lengan tidak tergulung ke atas.

Pastikan posisi pengikat ini ada di bagian dalam agar tidak terlepas jika terjadi kecelakaan. Apalagi lebih dari 50% kecelakaan yang dialami pengendari motor mengalami luka di bagian lengan.