Tips merawat helm

25 January 2013

Helm adalah perlengkapan yang wajib digunakan setiap pengendara motor. Bukan hanya karena mengikuti peraturan, tapi helm adalah pelindung keselamatan pengendara motor. Untuk itu, helm wajib dirawat dengan baik!

Menurut Motorcycle Safety foundation ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat helm, yaitu:

  1. Gunakan sabun lembut untuk membersihkan helm. HIndari pembersih berbahan dasar minyak, terutama jika helm terbuat dari bahan polikarbonat. Pembersih yang menggunakan cairan kimia yang terlalu kuat bisa menyebabkan helm kehilangan kemampuannya untuk melindungi.
  2. Jaga lapisan pelindung wajah tetap bersih. Cukup gunakan sabun lembut dan air dengan menggunakan lap untuk membersihkannya. Jika ada goresan, sebaiknya segera ganti lapisan pelindungnya. Bisa jadi berbahaya saat Anda mengendari motor pada malam hari karena bisa mendistorsikan cahaya dari arah berlawanan dan pandangan Anda.
  3. Meski helm berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan bukan berarti Anda tidak menjaganya dengan baik, dalam arti tidak menjatuhkannya. Helm berfungsi untuk menyerap benturan, jika terlalu sering terbentur kemampuan perlindungannya akan berkurang.
  4. Hindari menyimpan helm dimana bisa terpapar bensin, cairan pembersih, asap knalpot atau panas berlebih. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan materi pembentuk helm terdegradasi. Meski terlihat tidak rusak, helm jadi lebih rapuh.
  5. Hindari menggantung helm di kaca spion karena bisa merusak lapisan dalam helm. Letakkan helm di permukaan datar seperti taruh di atas rak.

 

Foto: http://technicalillustrators.org [CC-BY-3.0]