Bagaimana menyalip dengan efektif

26 February 2013

Mengendarai motor memang asyik untuk menyalip namun, pada saat hal yang sama menyalip juga momen yang membahayakan bagi si pengendara. Salah satu faktor penyebab kecelakaan motor adalah saat menyalip. Anda perlu tahu caranya menyalip dengan aman.

Kuncinya adalah lakukan dengan secepat mungkin. Semakin lama waktu yang Anda habiskan untuk menyalip, berarti lebih lama Anda membuka diri dari bahaya. Dalam waktu yang singkat tersebut, apa yang harus Anda lakukan?

  • Pindai jalan di depan dari sisi ke sisi dan juga di belakang Anda. Lihat apakah ada yang menyalip Anda.
  • Pertimbangkan berapa kecepatan motor yang dibutuhkan untuk menyalip kendaraan di depan Anda. Pertimbangkan apakah Anda masih bisa melakukannya dalam kecepataan yang aman.
  • Jaga jarak sebelum Anda berakselerasi. Hal ini bisa memberi Anda waktu untuk mendapatkan informasi penting terakhir sebelum benar-benar menyalip.
  • Perhatikan posisi Anda. Pastikan Anda berada dalam posisi yang benar untuk menyalip sehingga kendaraan yang ada di depan Anda siap jika ada kendaraan lain yang menyalipnya.
  • Hindari menyalip kendaraan mendekati persimpangan jalan meski Anda dalam posisi yang bagus untuk menyalip. Mobil, truk atau kendaraan yang ada di depan Anda akan mengaburkan pandangan Anda untuk melihat ada bahaya di depan.

Foto: Motocycle Safety Foundation