Apa yang harus dipertimbangkan ketika membeli motor?

04 January 2013

Ada banyak merek dan jenis motor yang ada di pasaran. Tak jarang kita jadi bingung untuk menentukan pilihan yang tepat untuk kita. Berikut beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan ketika membeli motor.

Style
Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika hendak membeli motor adalah menentukan apakah style motor tersebut memenuhi kebutuhan Anda. Apakah akan Anda gunakan sehari-hari atau hanya untuk sesekali saja? Apakah Anda mencari motor yang kencang atau yang tampilannya menarik? Tentukan dulu kebutuhannya untuk memperkecil pilihannya.

Dana
Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak dana yang ingin Anda keluarkan. Dari sekian banyak motor yang sesuai dengan kebutuhan Anda tentu harganya bervariasi. Bagi yang baru-baru bisa mengendarai motor mungkin sebaiknya tidak langsung membeli motor sport dengan harga puluhan juta mungkin Anda bisa mulai dengan membeli motor bebek terlebih dulu yang harganya sekitar belasan juta.

Namun, sebelum Anda menghabiskan uang Anda pertimbangkan juga rencana jangka panjang dengan motor tersebut. Ada motor baru yang lebih mahal tapi kondisinya masih bagus, ada juga motor bekas yang mungkin butuhkan perawatan lebih dibanding motor baru. Apakah Anda akan menjual motor tersebut dalam 2 tahun? Jika iya, Anda perlu mempertimbangkan motor yang harga jual kembalinya cukup bagus.

Tunai atau kredit
Bagaimana cara Anda akan membayar motor tersebut? Untuk motor bekas biasanya Anda harus membayar tunai. Sedangkan untuk motor baru Anda bisa mengajukan kredit. Cari tahu sistem kredit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Pertimbangkan juga untuk mendaftarkan asuransi untuk perlindungan motor Anda, terutama untuk motor baru.

Riset
Ketika mau membeli, cari tahu dulu apakah ada info tawaran diskon atau bonus hadiah yang mungkin bisa Anda dapatkan ketika membeli motor baru. Jangan lupa untuk membelinya di dealer yang terpercaya. Jika Anda membeli motor bekas, Anda harus lebih perhatian lagi untuk menghindari penipuan. Ingat! Jangan pernah membayar penuh sebelum Anda mendapatkan motornya. Kini ada banyak jasa situs jual-beli terpercaya yang memudahkan Anda untuk menemukan seseorang yang menjual motornya.

Cek dan Ricek
Setelah Anda menemukan motor yang cocok dengan kebutuhan dan kantong, pastikan Anda mendapatkan motor dalam kondisi baik karena menyangkut keselamatan diri. Terlebih lagi ketika Anda membeli motor bekas. Jangan ragu untuk mengajak teman yang mengerti motor untuk membantu Anda mengenali apakah motor tersebut masih layak untuk digunakan.

Jadi, sudah siap untuk membeli motor?