Cara membaca indikator keausan ban

17 January 2013

Tekanan ban, kondisi jalan, jarak tempuh serta gaya mengemudi berperan dalam merusak tapak ban. Padahal tapak ban tersebut penting untuk memberikan daya cengkram ban di jalan.

Memang pada akhirnya ban yang Anda gunakan akan aus dan Anda harus mengganti ban. Namun, setiap ban dilengkapi dengan indikator yang membantu Anda untuk mengetahui kapan saatnya Anda harus mengganti ban.

Mudah kok untuk menemukan indikator tapak ban atau TWI (tread wire indicator) ini. Biasanya ditandai dengan lambang segitiga atau huruf TWI. Lambang ini tersebar di beberapa titik di ban.

Setelah Anda menemukan lambang TWI, lihat tapak ban di area yang mengindikasikan keausan ban. Jika tapak ban sudah rata dengan batas indikator itu tandanya ban tersebut sudah mencapai batas minimum ketebalan tapak. Segera ganti ban Anda.

Periksa juga seluruh permukaan tapak ban. Lihat apakah ada pola keausan tapak yang tidak merata. Putar ban untuk memeriksa seluruh permukaan ban. Anda juga perlu mengganti ban segera jika ada satu sisi yang lebih aus dibandingkan sisi lainnya.