Posisi tubuh saat mengendarai motor

01 February 2013

Menurut riset di Amerika serikat, lebih dari 50% kecelakaan yang menimpa pengendara motor dialami oleh pengendara pemula yang punya pengalaman kurang dari 5 bulan mengendarai motornya. Agar terhindar dari kecelakaan Anda harus tahu bagaimana mengendarai motor dengan baik.

Mengontrol motor dimulai dengan mengetahui kemampuan Anda. Posisi tubuh saat di atas motor akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengendarai motor. Yuk, cari tahu bagaimana posisi tubuh yang benar.

Postur tubuh

Posisikan dirinya dimana Anda merasa nyaman bisa mengontrol semuanya dengan baik terutama kontrol tangan sehingga bisa mengendalikan motor dengan baik. Hal ini membantu Anda untuk bisa menyatu dengan motor.

Posisi duduk

Duduk cukup jauh sehingga lengan sedikit ditekuk ketika memegang stang. Dengan menekuk lengan, membuat Anda bisa memegang stang tanpa membuat lengan menjadi kaku dan tegang.

Posisi tangan

Pegang stang dengan genggaman yang kuat sehingga Anda bisa mempertahankan kendali motor ketika melewati jalan yang kasar. Mulai dengan posisi pergelangan tangan rata dengan stang untuk menghindari kecelakaan karena terlalu kuat menekan gas. Posisi stang yang terbaik adalah sejajar atau dibawa siku Anda sehingga Anda bisa menggunakan otot tangan yang tepat untuk mengendalikan motor.

Posisi kaki

Pertahankan posisi kaki di pijakan kaki untuk menjaga keseimbangan. Jangan menggantung kaki Anda karena jika kaki Anda tersangkut sesuatu Anda bisa terluka dan menggangu kontrol Anda terhadap motor. Selain itu, jaga agar ibu jari kaki sejajar dengan permukaan jalan, tidak mengarah ke bawah karena bisa tersangkut antara permukaan jalan dan pijakan kaki.