Tips aman untuk pengendara motor wanita

01 August 2012

Pengendara motor kini tidak hanya didominasi para pria saja. Saat ini sudah banyak perempuan yang menggunakan motor untuk bepergian, ke sekolah, kantor atau untuk jalan-jalan. Untuk para pengendara motor wanita, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Kendarai motor yang nyaman

Tidak ada aturan motor matic hanya untuk wanita saja. Jika Anda nyaman mengendarai motor dengan kopling manual atau bahkan motor besar, mengapa tidak. Jika motor yang Anda kendarai misalnya terlalu tinggi hingga Anda harus jinjit, bisa-bisa Anda hilang keseimbangan dan jatuh karena tidak mendapat pijakan yang benar. Mengendarai motor yang nyaman akan memberikan kepercayaan diri saat mengemudi sehingga Anda lebih bisa mengambil keputusan yang tepat. Risiko kecelakaan pun kecil.

Pakai baju yang nyaman

Anda tentu ingin tetap tampil gaya namun, perlu diingat jangan sampai mengganggu cara mengemudi atau bahkan membahayakan diri. Misalnya, memakai rok yang ketat sehingga Anda sulit bergerak. Hindari juga mengunakan sepatu hak tinggi saat mengendarai motor. Anda bisa hilang kesimbangan saat berpijak jika menggunakan sepatu hak tinggi.

Jangan bawa barang berlebihan

Biasanya perempuan membawa barang yang banyak. Namun, semakin sedikit barang yang Anda bawa, Anda jadi lebih tangkas mengemudi.

Pakai helm

Mungkin memakai helm bisa membuat rambut Anda kusut atau berminyak. Tenang, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar rambut tetap indah meski memakai helm. lapisi bagian dalam helm dengan scarf untuk membantu menyerap kelembaban. Hindari menyisir rambut setelah Anda mengendarai motor karena bisa membuat rambut patah dan rusak. Sisir dengan jari atau gunakan sisir bergigi jarang.