Tips aman untuk pemudik dengan motor

09 August 2012

Jumlah pemudik dengan motor tahun 2012 diperkirakan akan meningkat 27.79 persen. "Lebaran tahun ini diperkirakan pemudik dengan menggunakan sepeda motor akan meningkat dari 1.199.867 jadi 1.533.340 pemudik," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono seperti dikutip dari kompas.com. Jika Anda salah satu dari jutaan orang yang ingin mudik dengan menggunakan motor, ada beberapa hal yang jadi perhatian sebelum Anda mudik.

  1. Gunakan perlengkapan standar berkendara, seperti helm, jaket, sarung tangan, dan sepatu. Pilih pakaian yang nyaman dan dapat menyerap keringat. Siapkan juga jas hujan dan P3K.
  2. Jika waktu ingin mudik malam hari atau tempuh mudik membuat Anda harus mengemudi dalam keadaan gelap malam pastikan Anda terlihat oleh pengendara lain. Kenakan pakaian yang membuat Anda bisa terlihat saat malam hari, seperti jaket dengan strip berbahan flourescent.
  3. Mengemudilah dengan aman, mendahului kendaraan lain dengan benar dan tidak kebut-kebutan. Patuhi rambu-rambu lalu lintas selama perjalanan. Tetap waspada menghadapi kondisi jalanan yang mungkin saja berlubang, licin, atau rusak.
  4. Pastikan tubuh dalam kondisi fit. Selama perjalanan juga luangkan waktu untuk istirahat setiap 4 jam, jangan memaksakan diri untuk mengemudi jika sudah terlalu lelah. Cari tahu
  5. Bawa barang secukupnya sehingga tidak melebihi kapasitas. Untuk tahu berapa banyak barang bawaan yang dibawa, Anda bisa lihat di ban motor. Setiap ban mencantumkan angka beban maksimum yang sanggup diangkut oleh ban tersebut. Jangan lupa, benan tersebut termasuk berat badan pengendara dan penumpangnya.
  6. Rencanakan rute mudik sehingga Anda tidak tersesat dan Anda bisa tahu lokasi-lokasi SPBU, bengkel dan posko mudik yang ada di jalur mudik. Siapkan beberapa alternatif jalur untuk pilihan jika terjadi kemacetan. Puncak arus mudik Lebaran tahun 2012 diperkirakan akan terjadi pada 16 Agustus dan puncak arus balik akan terjadi pada 22 Agustus.

Foto: By letsgoeverywhere (Flickr) [CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons