5 persiapan untuk motor mudik

09 August 2012

Menjelang mudik, tentu ada banyak hal yang harus Anda persiapkan dan yang tak boleh terlewatkan adalah mempersiapkan motor yang jadi kendaraan untuk Anda mudik. Ingat, Anda akan bepergian dalam jarak tempuh yang jauh belum lagi ditambah jalanan yang ramai dan macet. Motor harus dalam kondisi prima!

Ada lima hal yang harus diperhatikan saat mempersiapkan motor untuk mudik, yaitu:

  1. Oli Motor akan menempuh perjalanan jauh sehingga Anda wajib mengganti oli untuk mengoptimalkan kinerja mesin.
  2. Roda Sebaiknya kembalikan ban dan pelek ke ukuran standar agar lebih nyaman saat berkendara. Ganti rantai jika sudah renggang dan gigi gear sudah tajam.
  3. Ban Untuk menempuh perjalanan jauh disarankan untuk mengganti ban dalam dan ban luar untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat jalan licin. Jangan lupa perhatikan tekanan ban. Tekanan angin sebaiknya 28 psi untuk ban depan dan 32 psi untuk ban belakang.
  4. Rem Sebaiknya ganti kanvas rem untuk meminimalkan risiko kecelakaan.
  5. Lampu Cek semua lampu motor, dari lampu depan, belakang dan juga lampu sen. Nyalakan lampu depan sepanjang perjalanan agar pengendara lain bisa melihat Anda. Terakhir, jangan menunda-nunda membawa motor ke bengkel.

Lakukan perawatan minimal 7 hari sebelum Anda mudik sehingga ada punya waktu jika motor mengalami kerusakan yang lebih parah dan perlu ditinggal di bengkel untuk perbaikan. Selamat mudik!

Foto: Coris at the Indonesian language Wikipedia [GFDL or CC-BY-SA-3.0], from Wikimedia Commons