Tips motor awet meski lama terparkir

13 August 2012

Motor yang Anda gunakan sehari-hari tentu Anda rawat. Begitu juga jika Anda harus memarkir motor dalam waktu lama. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat menyimpan motor ketika tidak Anda gunakan lagi dalam waktu dekat.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah 

  1. Cuci bersih motor, termasuk hingga bagian luar mesin dan suspensi agar bersih dari material korosif yang bisa merusak bagian besi dan alumunium. Tutupi motor dengan kain penutup agar terbebas dari debu dan kotoran.
  2. Jika Anda pergi dalam waktu lama, misalnya untuk mudik lebih dari 2 minggu sebaiknya lepaskan aki motor agar aki tetap awet dan tidak kehilangan daya.
  3. Gunakan standar tengah saat memakir motor agar ban depan dan belakang tidak mengalami tekanan dari beban motor. Tekanan yang sama hanya pada satu sisi ban bisa membuat ban jadi kempes dan struktur karetnya rusak.
  4. Kosongkan atau sisakan sedikit bahan bakar di dalam tangki. Selain menghindari risiko kebakaran bensin yang disimpan terlalu lama kualitas oktannya bisa berubah kurang bagus untuk bahan bakar motor.
  5. Parkir motor di garasi atau di dalam rumah agar terhindar dari incaran pencuri. Jangan lupa kunci motor dan pasang kunci pengaman tambahan.

Foto: By Violetbonmua (Own work) [CC-BY-SA-3.0], via Wikimedia Commons