Mengerem motor yang benar membuat ban awet!

14 August 2012

Bagaimana cara kita berkendara, seperti cara kita memacu atau mengerem motor bisa mempengaruhi keawetan ban. Terkadang kita lupa hal seperti ini saat naik motor. Yuk, kita belajar kembali bagaimana mengerem motor dengan benar.

Pertama, turunkan kecepatan laju motor dengan melepaskan putaran gas (deselerasi). Saat melakukan ini jari-jari masih menggenggam tuas gas. Setelah itu tarik tuas rem depan dengan cara diremas. Pada saat yang bersamaan kaki kanan menginjak rem belakang untuk mengimbangi. Sesaat ketika motor akan berhenti, tarik tuas kopling sehingga mesin tidak mati. Perlu diingat motor tidak langsung berhenti seketika begitu Anda mengerem.

Fungsi rem adalah untuk menahan laju sepeda motor hingga akhirnya berhenti. Perkirakan jarak Anda saat mengerem dan usahakan posisi motor tegak saat Anda mengerem untuk menghindari risiko tergelincir. Semakin pendek jarak pengereman akan semakin baik karena semakin jauh risiko terjadinya kecelakaan. Namun, hindari sering-sering mengerem mendadak. Selain agar ban awet, mengerem mendadak berbahaya bagi keselamatan berkendara dan menghindarkan diri dari kecelakaan.

Selamat berkendara dengan aman!

Foto: Brandon Fick from Laguna Beach, California, The U.S. of A. (Traffic) [CC-BY-2.0 or CC-BY-2.0], via Wikimedia Commons