Tips atasi takut membonceng motor

31 August 2012

Tidak semua orang nyaman membonceng motor. Saat berada di atas motor sepertinya tidak ada yang melindungi sehingga bagi sebagian orang hal ini dirasa menakutkan.

Jika ada ada anggota keluarga, teman atau bahkan Anda sendiri yang mengalami hal ini ada berberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut saat menumpang motor

  1. Mulai dengan menumpang motor yang dikendarai oleh seseorang yang Anda percayai untuk membangun kepercayaan diri Anda.
  2. Minta si pengemudi motor untuk mengendarai motor dalam kecepatan standar yang tidak terlalu kencang.
  3. Jangan ragu untuk minta si pengendara motor untuk mengurangi kecepatan jika dia mulai kebut-kebutan atau jika dia sudah mulai mengendarai dengan ceroboh, seperti mendahului kendaraan lain dari arah kiri dan lain-lain.
  4. Usahakan tubuh untuk rileks. Jika Anda merasa tegang dan terlalu kencang berpegangan dengan dengan si pengemudi, dia akan kesulitan mengendalikan motor. Atur napas untuk membuat Anda rileks.
  5. Jangan lupa gunakan helm, selain wajib digunakan memakai helm juga membuat Anda merasa lebih terlindungi.
  6. Coba menikmati suasana saat berada di atas motor. Alihkan perhatian Anda, misalnya dengan melihat pemandangan sekitar dari atas motor daripada memikirkan hal-hal yang menakutkan.

Foto:By Cyril Moloney and Daniel Carley [Public domain], via Wikimedia Commons