FDR Day Bandung, meriah dan pecah rekor MURI

17 September 2023

Setelah tahun lalu diadakan di Yogyakarta, acara kumpul komunitas FDR Day kali ini menyapa Sobat FDR yang ada di Jawa Barat. Acara yang sudah jadi agenda tahunan FDR kali ini diadakan di Saparua Park, Bandung, Minggu (17/9).

“karena FDR Day diadakan menjelang HUT kota Bandung, maka kali ini kita mengusung tema Jabar Juara, FDR Jawara,” kata Zandhy Utama, direktur PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR.

Ada yang berbeda kali ini karena FDR Day dimulai dengan pencatatan rekor MURI “Menggelindingkan Ban FDR Sejauh 10 km.” Pemecahan rekor ini terinsipirasi dari permainan tradisional BALDOBAN (Balap Dorong Ban).

“Untuk menggelorakan kembali semangat kita semua agar terus menjalani gaya hidup sehat dan aktif, kami terinspirasi dari anak-anak yang aktif bergerak dan bergembira saat mereka main baldoban,” ujar Presiden Direktur PT SRI Adiyono Eko Parwanto.

Masih mengusung nilai-nilai dari “FDR Riding Culture,” yaitu Safe, Care dan Respect, rangkaian kegiatan kegiatan city rolling di FDR Day  mengundang 100 pengendara motor dari 100 komunitas motor naik motor mengelilingi kota Bandung. 

Semua pengendara motor yang ikut city rolling akan mengedepankan keselamatan berkendara dengan pakai safety gear dan mengikuti aturan lalu lintas saat iring-iringan motor. “Kita juga mengedepankan nilai ‘respect’ karena meski diikuti dari komunitas motor yang berbeda-beda, kita semua bisa saling menghormati dan city rolling ini bisa bisa berjalan dengan lancar,” ujar Zandhy. 

FDR Day dimeriahkan BMX Competition, 3 on 3 basketball dan skater competition. Pengujung juga bisa menikmati pertunjukkan freestyle, fire dance, kesenian reak serta penampilan dari Inkmary dan S.R.E dengan acara puncak pertunjukkan dari band Jamrud. 

Untuk komunitas motor yang hadir di FDR Day akan ada community games dan IG reels competition. Pengunjung juga bisa daftar kelas Safety Riding dan donor darah. Selain itu, ada berbagai jajanan di area UMKM, foodtruck atau pop up market bagi pengunjung yang ingin berbelanja. Untuk memudahkan transaksi jual beli, Astra Pay akan memfasilitasi pembuatan QRIS untuk para pelaku usaha di FDR Day. 

FDR juga memberikan donasi meja dan bangku untuk UMKM yang ada di area Saparua Park. “Kami lihat UMKM yang berjualan di area ini menjaga kebersihan sehingga kami ingin berikan bantuan berupa meja bangku agar pembeli bisa nyaman dan harapannya usaha para UMKM ini jadi semakin ramai,” kata Zandhy.

Pengujung FDR Day tidak perlu bayar tiket masuk, cukup registrasi melalui aplikasi My FDRTire. “Dengan registrasi pengunjung bisa ikut games FDR Mission dan dapat kesempatan memenangkan doorprize 1 unit motor Honda CB150X bagi pengunjung yang beruntung,” kata Zandhy.

Tidak hanya untuk registrasi saja, ada banyak hal bisa dilakukan menggunakan aplikasi My FDRTire. Selain bisa beli online ban FDR dan langsung pilih bengkel untuk dipasangkan, ada banyak tips dan info terbaru yang bisa di dapatkan di aplikasi ini. “Aplikasi My FDRTire sudah bisa diunduh di handphone Android dan Iphone,” kata Zandhy lebih lanjut.