Cara mengenali ban motor yang tidak seimbang

09 January 2013

Menjaga kondisi ban agar tetap seimbang adalah hal yang penting! Kalau pun ada masalah pada ban motor Anda meski hanya salah satunya saja, tetap saja bisa membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.

Ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengenali tanda-tanda ban motor tidak seimbang, yaitu:

  1. Lihat kondisi motor apakah secara visual sudah tampak tidak seimbang. Hal ini akan lebih mudah terlihat jika motor baru saja menabrak atau jatuh.
     
  2. Kendarai motor melintasi jalanan lurus dan perhatikan apakah stang kemudi menarik ke salah satu sisi atau motor terasa bergetar tidak normal pada kecepatan tertentu.
     
  3. Coba ingat-ingat kembali apakah motor pernah mengalami peristiwa yang bisa menyebabkan ban motor jadi tidak seimbang. Misalnya, tabrakan, jatuh, menabrak trotar, melewati jalanan yang banyak gundukan, polisi tidur atau jalanan yang lagi dalam perbaikan. Semua hal ini bisa menyebabkan ban jadi tidak seimbang. Selain itu, jika jalanan yang rutin Anda lewati adalah jalanan yang rusak, Anda mungkin perlu menjadwalkan balancing ban motor lebih sering.
     
  4. Lihat keausan ban. Apakah keausan ban merata atau justru lebih banyak aus di salah satu sisi saja? Jika keausan tidak merata itu tandanya ban tidak seimbang.
     
  5. Apakah Anda pernah meminjamkan motor untuk orang lain atau Anda menggunakan motor bekas? Situasi ini bisa jadi penyebab ban tidak seimbang. Segera seimbangkan ban motor sebelum menyebabkan kerusakan yang lebih parah lagi.