Sudahkah Anda cek tekanan ban motor?

01 November 2012

Apakah Anda rutin mengecek tekanan ban motor? Atau, Anda tidak pernah memperhatikan tekanan ban dan baru menambah angin saat ban sudah benar-benar kempis?

Ternyata sebagain besar pengendara motor termasuk kelompok yang kedua. Sebuah survey yang dilakukan oleh Institute of Advance Motorist UK menemukan banyak pengendara motor yang tidak rutin mengecek tekanan bannya. Menurut survey tersebut, hanya 18% pengendara pria yang rutin cek tekanan ban motornya.

Pengendara motor perempuan bahkan lebih sedikit lagi yang memperhatikan tekanan bannya. Tercatat hanya 4% pengendara wanita yang rutin memeriksa tekanan ban motornya. Sebenarnya jika Anda meneruskan kebiasaan mengendarai motor dengan ban kempis, Anda akan...

  1. Boros bahan bakar karena ban yang kempes membuat permukaan ban yang bergesekan dengan permukaan jalan jadi lebih luas sehingga butuh tenaga lebih untuk melaju.
  2. Lebih sering ganti ban karena tidak awet. Mengendarai motor dengan ban yang kempis juga bisa membuat konstruksi ban rusak karena tidak kuat menahan benturan. Ban yang kurang angin juga keausannya tidak rata.
  3. Lebih sulit mengontrol motor karena handling atau pengendalian motor jadi lebih lambat. Motor jadi kurang responsif saat Anda kendarai.

Sobat FDR, jangan lupa untuk mengecek tekanan ban secara rutin setidaknya seminggu sekali!