7 hal yang harus dicek dari ban dan roda motor

09 November 2012

Ban dan roda yang berada dalam kondisi prima tentu membuat perjalanan dengan motor Anda terasa nyaman. Untuk memastikannya, ada 7 bagian-bagian penting dari ban dan roda yang perlud icek sebelum Anda mengendarai motor.

Ban

  1. Tread Wire Indicator (TWI). Ganti ban motor jika Anda melihat ban tersebut sudah melewati batas keausan. 
  2. Bentuk ban. Perhatikan apakah bentuk ban masih bagus atau apakah sudah muncul benjolan-benjolan. Pastikan juga tidak ada benda-benda yang tertancap di ban agar perjalanan Anda tetap aman. 
  3. Tekanan ban. Waktu terbaik untuk mengecek tekanan ban adalah saat kondisi ban dalam dingin, sebelum Anda kendarai bukan saat setelah ban melewati perjalanan jauh. Pastikan tekanannya sesuai dengan standar ban yang Anda gunakan, tertera di sisi ban.

Roda

  1. Jeruji (Spokes). Lihat apakah ada yang bengkok, rusak, atau ada bagian yang hilang. Jika roda motor Anda bukan jeruji, melainkan casting wheels, perhatikan apakah ada retakan atau penyok. 
  2. Pelek. Lihat apakah bentuknya masih lingkaran yang sempurna atau tidak. Bentuk velg yang sudah tidak sempurna bisa mengganggu pengendalian motor. 
  3. Bearing. Pegang bagian atas ban lalu gerakkan, cek apakah ada bunyi ketika digerakkan. Jika mengeluarkan bunyi berarti sudah waktunya Anda mengganti bearing.
  4. Seal. Lihat jika ada bagian yang retak, rusak, ada kelebihan pelumas di luar dan berwarna merah kecoklatan di bagian luar. Ganti seal jika sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut.

Rem

Terakhir yang juga perlu Anda perhatikan karena berkaitan dengan ban adalah rem. jangan lupa cek fungsi rem karena rem yang memastikan ban berhenti berputar. Pastikan Anda lakukan pengecekan untuk ban depan dan juga ban belakang motor Anda. Selamat berkendara!