Tips mengendarai motor untuk penyandang diabetes

14 November 2012

Tahukah Anda, setiap tanggal 14 November diperingati sebagai Hari Diabetes Sedunia? Bagi Anda penyangdang diabetes, Anda masih boleh kok untuk mengendarai motor kesayangan Anda.

Namun, Anda harus memahami bahwa kondisi kesehatan Anda membuat ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum dan saat mengendarai motor. Asosiasi Diabetes Amerika (ADA) menyarankan pengendara motor yang juga penyandang diabetes mengecek kadar gula darah mereka sebelum naik motor.

Tidak disarankan untuk mengendarai motor, jika gula darah belum sesuai target yang dianjurkan oleh dokter Anda. Bawa selalu obat-obatan yang dibutuhkan. Jangan lupa bawa selalu camilan yang bisa membantu menjaga kadar gula Anda, seperti pisang, roti gandum dengan selai kacang.

Ketika Anda merasakan gejala mengantuk, pusing, atau pandangan tidak menjadi tidak jelas, segera menepi. Jangan paksakan diri karena bisa mengganggu konsentrasi saat berkendara dan bisa berujung pada kecelakaan.

Jika Anda ingin ikut touring, pastikan Anda memberitahukan kondisi kesehatan Anda dan pertimbangkan medan yang akan ditempuh. Jangan ragu untuk meminta pada kelompok touring untuk lebih banyak berhenti untuk istirahat jika Anda merasa membutuhkannya.

Terakhir, jangan lupa kunjungi dokter secara rutin untuk mengontrol kesehatan Anda. Jadilah pengendara motor yang bertanggung jawab, baik untuk keselamatan diri Anda sendiri atau pengguna jalan lainnya.

Foto: ilustrasi