Sirkuit Donington Park batal jadi tuan rumah GP Inggris

11 February 2015

Sirkuit Donington Park yang awalnya dijadwalkan jadi tuan rumah Grand Prix Inggris tahun ini terpaksa harus dibatalkan.

Hal ini terjadi karena pihak Circuit of Wales (CoW)yang awalnya menyetujui untuk memberikan dana untuk menyelenggarakan balapan MotoGP di Donington Park tidak berhasil memenuhi janjinya.

Pihak CoW sendiri sebenarnya sudah menandatangani perjanjian dengan Dorna, pemegang lisensi MotoGP, selama lima tahun mulai dari 2015 untuk jadi tuan rumah GP Inggris. Sayangnya pembangunan sirkuit terkendala sehingga CoW tidak siap untuk musim balap 2015 yang kemudian berujung pada rencana pemberian dana ke Donington Park untuk menyelenggarakan balapan.

Pihak Donington Park Racing Ltd (DPRL) pun memberikan pernyataan terkait masalah tersebut, seperti berikut ini:

"Meskipun dengan upaya terbaik DPRL, waktu yang hilang karena CoW tidak bisa menyelesaikan pendanaan mengakibatkan penundaan di hampir semua rencana kegiatan operasional yang penting, mulai dari pengerjaan trek hingga penyewaan peralatan.

"Oleh karena itu, menurut penilaian dewan direksi DPRL, posisi ini bisa membahayakan berjalannya MotoGP Inggris 2015 dengan aman dan sukses di Donington, dimana risiko komersial dan kurangnya waktu terlalu besar untuk terus dilanjutkan oleh pihak Donington.

"Oleh karena itu, Donington Park harus menarik diri dari setiap partisipasi lebih lanjut.

"Akibatnya, Kejuaraan Dunia MotoGP 2015 putaran Inggris tidak lagi diselenggarakan di Donington Park pada 30 Agustus 2015."

Christopher Tate, direktur pelaksana Donington Park, mengungkapkan kekecewaannya mengenai balapan yang tidak akan berlangsung di sirkuit itu.

"CoW sudah menjelaskan bahwa mereka tidak dalam posisi untuk menyelesaikan pendanaan, sehingga kami harus mundur dan mengakhiri perjanjian yang direncanankan," ujarnya dikutip dari situs independent.co.uk.

Para penggemar yang sudah membeli tiket akan mendapat penggantian penuh.

Sampai saat ini masih belum jelas apakah CoW akan beralih ke Silverstone untuk menyelenggarakan GP Inggris.