Pesaingan kakak-adik di MotoGP

17 March 2014

Ada kakak beradik yang akan bersaing di kelas yang sama di musim balap 2014, yaitu Aleix dan Pol Espargaro di kelas MotoGP. Namun, hal ini bukan kali pertama ada kakak beradik yang bersaing di kelas yang sama di ajang balap motor internasional ini.

Ada sejumlah kakak adik yang sudah lebih dulu saling bersaing di kelas yang sama. Siapa sajakah mereka?

- Terakhir kalinya dua berssaudara bersaing di kelas MotoGP adalah di Grand Prix Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca pada 2010 antara Nicky Hayden dengan Roger Lee Hayden. Nicky pada waktu itu membela tim Ducati dan Roger Lee menjadi pembalap pengganti Randy de Puniet dari tim LCR Honda. Kedua pembalap ini berhasil meraih poin setelah Nicky finis ke-5 dan Roger Lee di posisi ke-11.

- Kenny Roberts dan Kurtis Roberts bersaing selama satu musim penuh di MotoGP pada 2004. Kenny membela tim Suzuki dan Kurtis membela tim Proton KR.

- Tercatat empat dua kakak-adik yang bersaing selama satu musim penuh di ajang balap motor internasional, yaitu Nobuatsu dan Haruchika Aoki pada 1999, Nobuatsu dan Takuma Aoki pada 1997, Bernard dan Marc Garcia (1994-1995), serta Dominique dan Chirstian Sarron (1989).

- Nobuatsu dan Takuma Aoki pernah sama-sama podium di kelas premier, yaitu pada Grand Prix Imola tahun 1997. Nobuatsu finis ke-2 dan Takuma finis ke-3. Sebelumnya, peristiwa ini pernah tercatat pada Grand Prix Argentina tahun 1962, saat kakak-adik Juan Salatino dan Eduardo finis ke-2 dan ke-3.
 

Foto: migranpremio.blogspot.com