Diusulkan kelas ketiga MotoGP

13 March 2014

Jika di musim 2013, MotoGP hanya terdiri dari 2 kelas, Factory dan Open, kini di 2014 sepertinya akan ada kelas ketiga, yaitu 'Factory 2' yang dibuat khusus untuk tim Ducati.

Awal Maret ini, tim Ducati mengumumkan akan pindah ke kelas Open. Namun, hal tersebut menimbulkan polemik. Kelas Open awalnya dibentuk untuk tim-tim kecil agar lebih kompetitif, tidak seperti tim Ducati yang didukung dengan dana besar.

Menurut situs Visordown, proposal pun dimasukkan untuk membuat kelas ketiga, yaitu kelas 'Factory 2.' Kelas ini berada diantara kelas Factory dan Open, dimana kelas ini baru akan diterapkan setelah tim di kelas Open mulai meraih juara. Jika tim Open, seperti Ducati, memenangkan balapan, dua kali juara dua atau tiga kali juara tiga, tim tersebut secara otomatis akan naik ke kelas 'Factory 2.'

Di kelas 'Factory 2' tim akan dibatasi hanya boleh menggunakan 22,5 liter bahan bakar dan 9 mesin selama setahun. Di kelas 'Open,' tim mendapat 24 liter bahan bakar, pilihan ban belakang yang lebih lunak, 12 mesin setahun dan masih bisa mengembangkan mesin. Sedangkan di kelas Factory, hanya bisa mmenggunakan 20 liter bahan bakar dan dibatasi hanya 5 mesin setahun.

Di kelas 'Factory 2' tim juga menggunakan software ECU dari Magneti Marelli seperti di kelas Open. Namun, bedanya di kelas 'Factory 2' tim akan mendapatkan software ECU Magneti Marelli versi generasi kedua yang lebih canggih. Sementara untuk kelas Factory tetap menggunakan sofware ECU sendiri.
 

Baca juga:

Tanggapan pembalap dan Tim Ducati tentang kelas Factory 2