Marc Marquez juara dunia MotoGP 2013

11 November 2013

Marc Marquez menjadi pembalap termuda yang pernah meraih juara dunia MotoGP setelah merebut juara ketiga seri terakhir GP Valencia 2013.

Pada usia 20 tahun 266 hari, Marquez jadi juara dunia termuda kelas primer, melewati rekor Freddie Spencer yang jadi juara dunia 1983 kelas 500 cc ketika berumur 21 tahun 258 hari, juga dengan mengendarai Honda

Marquez juga menjadi pembalap rookie pertama di kelas Premier yang jadi juara dunia sejak Kenny Roberts menjadi juara dunia kelas 500cc pada 1978. Marquez adalah pembalap keempat yang berhasil menjadi juara dunia di tiga kelas, setelah Mike Hailwood, Phil Read, dan Valentino Rossi.

Marquez meraih pole position di GP Valencia. Namun, keunggulan tersebut hilang setelah Jorge Lorenzo langsung melesat terdepan saat start. Duel sengit terjadi antara Lorenzo dan Pedrosa, sementara Marquez tetap fokus untuk menyelesaikan balapan karena dia hanya butuh finis keempat untuk jadi juara dunia jika Lorenzo menang di Valencia.

Akhirnya, Lorenzo juara GP Valenzia dan Marquez finis keempat. Marquez unggul 4 poin dari Lorenzo di klasemen akhir pembalap. "Saya merasa... Saya tidak bisa menjelaskan apa yang saya rasakan," kata Marquez dikutip dari BBC Sport.

"Ini adalah mimpi yang jadi kenyataan -mungkin terlalu dini karena saya tidak berharap untuk memperjuangkan gelar juara dunia tahun ini," katanya. "Jorge melakuka pekerjaan hebat, tapi terima kasih untuk tim." Tim Honda menjadi juara konstruktor 2013.

Foto: MotoGP.com