5 kebiasaan yang buat ban cepat botak

27 April 2017

Tahukah Sobat FDR, bahwa cepat lambatnya ban menjadi botak dipengaruhi oleh kebiasaan penggunanya. Lima kebiasaan ini membuat jadi cepat botak. Yuk, hindari kebiasaan ini:

1. Tekanan angin ban kurang
Saat tekanan angin ban kurang, permukaan ban yang bergesekan dengan aspal akan lebih besar. Temperatur ban juga jadi semakin tinggi sehingga tapak ban akan lebih mudah aus.

Pastikan gunakan tekanan angin yang direkomendasikan. Untuk ban FDR, yaitu 29 psi untuk ban depan &  33psi untuk ban belakang, bisa ditambah atau dikurangi 2 psi tergantung kenyamanan pengendara

2. Sering mengangkut beban berat
Ban punya batas maksimum beban yang bisa diangkut. Namun, jika membawa beban melebihi batas akan membuat tekanan ban ke aspal jadi lebih kuat. Gesekan antara ban dan aspal pun semakin meningkat sehingga membuat ban cepat aus. Apalagi jika ditambah dengan kondisi ban kurang angin.

Cek load index ban motor Anda sehingga Anda bisa tahu berapa banyak beban yang bisa Anda angkut. Jika perlu, pilih ban dengan load index yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Sering menggunakan standar samping
Memarkir motor dengan standar samping dalam waktu yang lama akan membuat ban bagian samping kiri akan lebih cepat aus. Hal ini terjadi karena posisi parkir dengan standar samping membuat beban yang disangga oleh shock tidak seimbang sehingga shock cenderung lebih miring ke satu sisi. Ketika dikendarai tekanan di ban sebelah kiri jadi lebih besar sehingga lebih cepat aus. Biasakan untuk parkir menggunakan standar ganda.

4. Gaya mengemudi ugal-ugalan
Cara Anda mengendarai motor yang ugal-ugala, sering melaju dalam kecepatan tinggi lalu melakukan pengeraman mendadak membuat ban menerima beban yang lebih besar dan lebih intensif. Usahakan untuk melaju dalam kecepatan yang stabil dan tidak melakukan pengereman mendadak agar ban lebih awet!

5. Jarang membersihkan ban
Saat melewati jalan ban sering melindas berbagai zat kimia yang bisa membuat ban jadi getas atau keras. Sebaiknya bersihkan ban setiap hari setelah Anda pulang. Cukup dengan menyikatnya dengan air bersih.