Grand Prix Belanda pindah ke hari Minggu pada 2016

26 June 2015

Grand Prix Belanda akan mematahkan tradisinya dengan memindahkan jadwal balapan MotoGP dari hari Sabtu ke hari Minggu pada 2016.

Dewan direksi Sirkuit Tourist Trophy Assen dalam sebuah pernyataan menjelaskan bahwa alasan memindahkan hari penyelenggaraan balapan adalah untuk mendatangkan lebih banyak penonton ke sirkuit dan meningkatkan publikasi di media.

"Keputusan memindahkan balapan ke hari Minggu murni karena kebutuhan," menurut pernyataan tersebut. "Jumlah balapan di dunia terbatas dan akan ada negara lain yang bisa mendapatkan lisensi untuk menyelenggarakan MotoGP."

Sirkuit TT Assen adalah satu-satunya sirkuityang menyelenggarkan balapan MotoGP di hari Sabtu dan termasuk lokasi balap tertua dalam kalender karena telah menyelenggarakan balapan sejak tahun 1925, tidak termasuk saat Perang Dunia II.

"Dalam kondisi yang kompetitif ini, TT Asssen hanya bisa bertahan dengan meningkatkan jumlah pengunjung. Dengan peningkatan pengunjung, Dewan Direksi mengharapkan keuntungan bisa meningkat 5-10 persen dalam jangka menengah hingga jangka panjang," dikutip dari pernyataan dalam pemberitaan Reuters.