Tanya-jawab seputar eco smart tire, teknologi hemat bahan bakar dari FDR

03 June 2015

Sobat FDR mungkin sudah tahu bahwa FDR punya teknologi yang bisa bikin motor hemat bahan bakar, yaitu eco smart tire (EST) dan saat ini sudah diterapkan di ban Facio. Namun, apakah Sobat FDR sudah tahu apa sih EST itu, bagaimana cara kerjanya dan apakah akan mempengaruhi performa ban atau tidak?

Yuk, simak tanya jawab seputar teknologi eco smart tire dengan Jimmy Handoyo, technical service & development department head PT Suryaraya Rubberindo Industries selaku produsen ban FDR.

Apa itu eco smart tire (EST)?
Eco Smart Tire adalah teknologi terbaru dari FDR yang diaplikasikan di ban FDR. Teknologi terbaru ban ini menghasilkan ban dengan hambatan gelinding rendah sehingga bisa membuat motor hemat bahan bakar minyak.

Apa buktinya ban EST bisa hemat BBM?
Ban EST sudah melalui beberapa pengujian baik internal maupun eksternal dan terbukti bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Salah satu pengujian eksternal yang dilakukan adalah dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Pengujian tersebut menggunakan metode pengujian full to full. Hasilnya, ban FDR dengan teknologi EST bisa menghemat bahan bakar hingga 7,1%.
 
Apa yang dimaksud dengan pengujian full to full?
Pengujian full to full itu membandingkan konsumsi BBM motor yang menggunakan ban regular dan ban EST. Tangki BBM diisi penuh lalu motor dijalankan dan kecepatan yang sama. Kemudian dilihat berapa banyak BBM yang berkurang antara ban regular dan ban EST.  

Apakah penghematan BBM ini sama untuk semua motor?
Tentu akan ada variasi karena ada banyak hal yang mempengaruhi konsumsi bahan bakar, seperti gaya mengemudi, kondisi motor dan kondisi jalan. Misalnya, Anda sering melewati jalan yang macet sudah tentu akan lebih boros BBM dibanding pengendara motor yang melewati jalan yang lancar.

Bagaimana saat pengereman, apakah akan licin?
Hasil pengujian menunjukkan bahwa ban EST tetap memiliki daya cengkram yang baik. Kami mengetes langsung menggunakan motor untuk membandingkan jarak pengereman antara ban regular dan ban EST. Hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa ban EST memiliki daya cengkeram yang baik, dimana jarak pengereman 2% lebih pendek dibanding ban regular.

Mengapa ban EST memiliki hambatan gelinding rendah tapi tetap memiliki daya cengekeram yang baik saat pengereman?
Hambatan gelinding dan pengereman adalah dua hal yang berbeda. Hambatan gelinding itu dilihat saat ban bergerak sementara untuk pengereman, ban yang tadinya bergerak dibuat berhenti dan mencengekram permukaan jalan. Racikan teknologi material ban EST dirancang untuk tetap memiliki daya cengkeram yang baik.

Sejak kapan FDR mulai mengembangkan teknologi ini?
Pengembangan konsep eco product ini sudah dimulai dari 3 tahun yang lalu. Kami bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dalam lomba irit bahan bakar se-Asia, Shell Eco-Marathon. Terakhir, FDR bekerja sama dengan tim Sadewa Otto dari Universitas Indonesia untuk kelas Urban Concept Gasoline Shell Eco-Marathon 2014 di Manila, Filipina. Dengan menggunakan ban prototipe FDR yang mengusung teknologi EST, tim Sadewa Otto berhasil menempuh 301.7 km dalam satu liter bensin dan raih juara pertama.

Teknologi EST ini ada di ban FDR apa saja?
Nantinya, teknologi EST ini akan diterapkan di ban FDR tipe yang lain. Namun, saat ini teknologi ini sudah diterapkan pada ban Facio EST dan sudah dijual bebas di pasaran. Anda bisa mencarinya di toko-toko terdekat.