Salah pencet tombol penyebab posisi Iannone melorot di Jerez

05 May 2015

Andrea Iannone mengakui melakukan kesalahan fatal dengan tidak sengaja mengaktifkan pengaturan balapan di trek basah start di Jerez, Minggu (3/5).

Dalam pernyataan pers yang dikeluarkan Ducati, tertulis bahwa penyebab start buruk Iannone adalah karena beberapa saat sebelum balapan dimulai, Iannone secara tidak sengaja mengaktifkan pengaturan balapan di trek basah dimana hal tersebut menghambat fungsi elektronik motor untuk keseluruhan balapan yang berjalan dalam kondisi kering.

Sebelumnya pembalap asal Italia ini berhasil start di posisi ketiga namun, langsung melorot ke posisi ke-11. "Pastinya balapan hari ini sangat sulit untuk saya karena saya melakukan kesalahan dimana saya harus bayar mahal, kesalahan yang seharusnya bisa dihindari," kata Iannone.

"Sayangnya saat start saya menyalakan pengaturan untuk kondisi basah bukannya kontrol peluncuran, dan hasilnya saya harus menjalani seluruh balapan dengan pengaturan basah karena prosedur untuk mengembalikan ke pengaturan kering sangat rumit," ujarnya dikutip dari Motosport.

Iannone berhasil memperbaiki posisinya hingga finis ke-6 di belakang Pol Espargaro. Namun, dia merasa telah menyia-nyiakan kesempatan baik.

"Saya berusaha mendapatkan hasil yang terbaik dalam kondisi ini, dan kami seharusnya bisa mendapatkan hasil yang lebih baik di Jerez. Saya merasa menyesal untuk tim yang sudah bekerja dengan baik minggu ini," katanya lebih lanjut.

Walaupun begitu, Iannone tidak mau mencari-cari alasan lagi atas kesalahannya tersebut. Dia langsung memfokuskan perhatian untuk balapan selanjutnya di Le Mas dan berharap hasil yang terbaik di Perancis.