Tips memanfaatkan ban dalam bekas jadi pentil ban tubeless

13 January 2015

Sobat FDR punya ban dalam bekas? Jangan dibuang dulu. Dengan bermodalkan gunting Anda bisa memanfaatkan ban dalam bekas ini menjadi pentil ban tubeless.

Bagian karet yang sudah menipis memang membuat ban dalam ini sudah tidak mungkin digunakan sebagai ban dalam. Namun, jika bagian pentilnya masih dalam kondisi bagus bisa Anda gunakan sebagai pentil ban tubeless.

Bagi Anda pengguna ban tubeless yang sering kali mengalami masalah pentil retak atau patah, menggunakan pentil ban dalam bisa jadi solusinya. Bagian pentil dari ban dalam ini dikenal lebih kuat sehingga tidak ada lagi masalah ban kempis karena bocor dari bagian pentil.

Apa yang harus Anda persiapkan?
- Ban dalam yang sudah tidak digunakan lagi
- Gunting untuk memotong bagian
- Pastikan bagian pentil masih lengkap, ada nut dan tutup pentilnya.

Bagaimana cara membuatnya?
- Dengan menggunakan gunting, potong melingkar mengikuti bagian pentil yang lebih tebal. Jangan hanya mengambil bagian pentilnya saja karena potongan karet ini berfungsi untuk menahan angin agar tidak keluar dari ban.
- Buat potongan melingkar lagi di sisa karet ban dalam, lalu lubangin bagian tengahnya untuk memasukkan pentil. Pastikan diameter potongan karet lebih kecil dibanding diameter karet di pentil.

Bagaimana cara memasangnya?
- Pasang pentil di bagian dalam velg tubeless
- Untuk di bagian luarnya, pasang potongan karet yang lebih kecil lalu pasang dan kencangkan bagian nut.

Selamat mencoba!