4 Hal yang dinantikan di MotoGP 2015

05 January 2015

Musim balap MotoGP 2015 baru akan dimulai beberapa bulan lagi. Namun, ada 4 hal yang membuat Anda tidak sabar untuk menunggu balapan dimulai! Apa sajakah itu?

1. Aksi pembalap rookie
Apalagi yang membuat seru selain pembalap-pembalap baru alias pembalap rookie yang akan mewarnai balapan tahun ini. Ada 4 pembalap rookie yang "naik kelas" ke MotoGP.

Juara dunia Moto2 Maverick Vinales telah menandatangani kontrak untuk bergabung dengan tim Suzuki yang kembali berlaga di MotoGP. Jack Miller akan loncat dari Moto3 langsung ke kelas premier dimana dia akan bergabung dengan LCR Honda. Dua bintang Superbike, Eugene Laverty dan Loris Baz, juga akan mewarnai MotoGP.

2. Duel Marquez dan Rossi
Duel antar pembalap beda generasi ini diharapkan akan semakin seru di 2015. Marquez yang baru berusia 22 tahun ini tengah berada di puncak karier-nya dan mengejar gelar juara dunia yang ketiga kalinya.

Sementara Rossi yang berusia 36 tahun ini masih percaya diri bahwa duet dengan Silvano Galbusera sebagai kepala krunya masih bisa mencetak prestasi.

3. Kembalinya Suzuki dan Aprilia
Suzuki dan Aprilia akan kembali ke MotoGP dan akan membalap dibawah aturan Factory 2 seperti Ducati. Ini berarti pertarungan di kelas tersebut akan semakin seru!

Kedua tim tersebut sudah menggaet pembalap-pembalap berbakat. Ada Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di tim Suzuki. Sementara tim Aprilia akan diperkuat oleh Marco Melandri dan Alvaro Bautista.

4. Perubahan aturan
Motor-motor untuk musim balap 2015 akan lebih ringan 2kg. Tim Honda, Yamaha dan Ducati harus menghentikan pengembangan piranti lunak ECU pada 1 Juli dalam rangka berkonsentrasi untuk menciptakan sistem baru di 2016.

Hukuman untuk pelanggaran batas mesin juga telah berkurang. Pembalap akan start di balapan selanjutnya dari pit lane dengan penundaan 5 detik saja, bukan 10 detik seperti sebelumnya.