Tips agar motor matic irit bbm

17 September 2014

Teknologi motor matic saat ini sudah cukup canggih untuk menjaga agar motor tidak boros bensin. Namun, masih ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bahan bakar.

1.Atur gaya mengendarai Anda. Usahakan agar motor melaju dalam kecepatan stabil, hindari kebut-rem-kebut-rem. Saat menarik gas untuk akselerasi cepat, mesin membutuh lebih banyak bensin yang menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi boros.  

2. Bersihkan karburator mesin. Dengan rutin membersihkan karburator, aliran udara ke yang masuk ke ruang bakar tidak terhambat dan konsumsi bahan bakar pun tidak boros.

3. Pilih oli yang tepat. Oli menjaga mesin dingin tidak cepat panas, dimana jia mesin panas gas jadi lebih berat. Saat ini sudah banyak pilihan oli untuk motor matic.

4. Ganti ban motor matic Anda dengan ban FDR  Facio EST. “Eco Smart Tire (EST) adalah teknologi ban terbaru yang diaplikasikan di ban FDR untuk menghasilkan ban yang dapat menghemat konsumsi bahan bakar,” kata Herry Junaidi, direktur marketing PT SRI.

Ban FDR dengan teknologi EST ini menggunakan material kompon yang berbeda dengan ban regular sehingga memberikan koefisien gesek ban dengan aspal yang lebih rendah. “Koefisien gesek rendah ini mengakibatkan daya gelinding ban menjadi semakin ringan dan jauh yang pada akhirnya konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat,” kata Jimmy Handoyo, technical service and development department head.