Bradley Smith berbagi fakta unik seputar MotoGP

09 September 2014

Pembalap Inggris Bradley Smith berbagi dengan para penggemarnya mengenai fakta unik dan seru mengenai pembalap dan motor yang digunakan saat balap MotoGP.

Ban
Harga satu set ban balap MotoGP mencapai 1.000 poundsterling atau hampir Rp20.000.000, padahal untuk satu akhir pekan balapan butuh sekitar 8 set ban. Itu berarti, seorang pembalap menghabiskan sekitar 160 juta rupiah untuk sekali balapan dan itu baru biaya bannya saja!

Dashboard
Biasanya dashboard motor memiliki speedometer untuk menunjukkan seberapa cepat Anda melaju, tapi tidak di MotoGP. Motor-motor di MotoGP tidak memiliki speedometer melainkan panel info tentang gear, RPM, waktu lap dan temperatur.

Helm
Identitas pembalap dengan mudah dikenali dari helmnya. Itu sebabnya para pembalap bekerja sama dengan desainer untuk merancang desain helm yang untuk. Smith telah melihat 20 desain sebelum dia memutuskan desain yang digunakan saat ini dan dia memutuskan tidak untuk menggantinya dalam waktu dekat ini.

Jok
Menurut Smith, pembalap bisa duduk di jok motornya jika sedang melewati trek lurus, dimana itu hanya sekitar 2-5% dari keseluruhan balapan. Selebihnya, pembalap harus bergerak untuk menyeimbangkan diri di atas motornya.

Fisik
Saat balapan, detak jantung seorang pembalap bisa mencapai 190 detak/menit atau sekitar 96-98% rata-rata detak jantung maksimum. Seorang pembalap harus memiliki kondisi tubuh yang fit.

Saat melakukan rem dan akselerasi, tubuh pembalap bergerak seperti sedang melakukan push-up dan mendayung (back row). Hal ini berlangsung selama 45 menit non stop atau kurang lebih sebanyak 750 kali sambil mengenakan baju balap lengkap dengan helmnya dimana hal ini membuat suhu tubuh bisa mencapai 40 derajat celcius.


Foto: motogp.com